Minggu, 02 November 2014

Apa Penyebab Mesin Terlalu Panas (Overheating)?

HCI (Honda Cielo Indonesia) - Pada dasarnya mesin membakar bahan bakar sehingga menghasikan energi mekanik dan panas. Energi mekanik ini menggerakkan komponen-komponen mesin sehingga meningkatkan panas yang dihasilkan mesin. Mesin terdiri dari berbagai komponen mesin dan komponen pendukung yang memiliki ketahanan terhadap panas yang berbeda. Oleh karena itu suhu mesin harus dipertahankan pada level tertentu untuk menjaga suku cadang mesin dan komponen lain agar tidak rusak. Mesin mobil memiliki mekanisme untuk mempertahankan suhu mesin dengan cara membuang panas mesin keluar (ke lingkungan). Jika mekanisme untuk mempertahankan suhu mesin ini tidak berfungsi dengan baik, maka mesin akan menjadi terlalu panas (overheating) yang sangat membahayakan mesin. Ada beberapa penyebab umum mesin menjadi terlalu panas.
1. Kerusakan Termostat
Termostat adalah saklar yang bekerja berdasarkan level suhu. Jika suhu mesin terlalu tinggi saklar ini akan membuka katup aliran pendingin (coolant) dari radiator. Pendingin ini akan mengambil panas (kalor) dari mesin dan membuangnya ke luar mesin. Jika termostat ini rusak dalam posisi menutup katup maka tidak ada aliran pendingin yang mengambil panas mesin sehingga suhu mesin naik.
2. Kerusakan Pompa Air Radiator
Air pendingin (air radiator) dialirkan melalui mesin menggunakan sebuah pompa air. Jika pompa ini tidak berfungsi, maka tidak ada aliran pendingin yang memasuki mesin untuk membuang panas mesin. Hal ini akan membuat suhu mesin menjadi naik.
3. Radiator Tidak Berfungsi Optimal
Radiator adalah tangki reservoir air pendingin dimana panas yang diambil dari mesin dibuang melalui fin radiator. Jika aliran dalam radiator macet atau perpindahan panas pada radiator tidak optimal karena karat atau kerak, maka suhu mesin akan naik.
4. Kipas Radiator Tidak Berfungsi
Kipas radiator berfungsi sebagai peniup fin radiator untuk untuk membuang panas radiator secara konveksi. Jika kipas ini mati atau berputar terlalu pelan maka pembuangan panas ke udara luar tidak efektif, sehingga suhu mesin naik.
5. Air Radiator Kurang
Volume air pendingin sudah diperhitungkan sesuai kebutuhan radiator untuk membuang panas dengan kapasitas tertentu. Jika air pendingin kurang (karena bocor atau sebab lain) maka lebih sedikit panas yang bisa diambil dari mesin untuk dibuang di radiator, sehingga suhu mesin menjadi naik.
6. Tutup Radiator Rusak
Selain sebagai sumbat penutup, tutup radiator berfungsi sebagai pengatur tekanan sistem pendingin. Pada tekanan tinggi, air pendingin mendidih pada suhu yang tinggi pula. Jika Tutup radiator tidak dapat mempertahankan tekanan tinggi, maka air pendingin akan mendidih. Hal ini menyebabkan berkurangnya kemampuan perpindahan panas air pendingin dan dapat mengurangi air pendingin.
7. Oli Mesin Kurang
Oli bertindak sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antara bagian mesin yang bergerak. Jika oli mesin kurang (karena bocor atau sebab lain) maka akan meningkatkan gesekan antara komponen mesin yang bergerak sehingga meningkatkan temperatur mesin.
8. Kerusakan Mesin
Jika ada sukucadang yang bergerak rusak atau mengalami deformasi (perubahan bentuk), ia dapat membuat gesekan dengan komponen lain dengan kasar sehingga membangkitkan panas tambahan pada mesin. Efek ini mirip dengan efek mesin kurang oli bahkan bisa lebih parah.
9. Mesin Bekerja Terlalu Berat (Overworking)
Jika mobil membawa beban berat melalui jalan menanjak atau menarik kendaraan lain yang jauh lebih berat dari bobot mobil penarik, maka RPM mesin akan sangat tinggi. Semakin berat kerja mesin maka semakin banyak panas yang dihasilkan mesin. Sistem pendingin mesin dirancang untuk bekerja pada rentang RPM normal sehingga tidak bisa menahan kenaikan suhu mesin jika mesin bekerja terlalu berat.
10. Udara Terjebak Dalam Sistem Pendingin
Jika terdapat udara terjebak dalam sistem pendingin, maka udara ini akan menghalangi perpindahan panas dari komponen mesin ke air pendingin. Hal ini menyebabkan sistem pendingin tidak efektif membuang panas mesin, sehingga menyebabkan temperatur mesin naik.

1 komentar:

  1. Mobil cielo sy di bagian bawah kaya jebol gt keluar air banyak trs ada jg air yang muncrat2 ke depan..kira2 apanya ya..

    BalasHapus